TÜV Rheinland

isoBerstandar Internasional (Sertifikat ISO 9001:2008)

Fasilitas Sekolah

Fasilitas KomputerLingkungan kompetitif dan Fasilitas yang memadai

Self Access Center

Self Access CenterMembekali Siswa dengan Skill dan Tanggung Jawab
Pemasaran


Tujuan Program Keahlian Penjualan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Menata produk.
  2. Melakukan negosiasi.
  3. Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan.
  4. Melakukan proses administrasi transaksi.
  5. Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan.
  6. Melakukan penyerahan/pengiriman produk.
  7. Menagih pembayaran (hasil penjualan).
  8. Menemukan peluang baru dari pelanggan.

Dasar Kompetensi Kejuruan Penjualan

  1. Berkomunikasi di tempat kerja.
  2. Menyediakan bantuan kepada pelanggan-pelanggan di dalam dan di luar perusahaan.
  3. Memelihara standar presentasi pribadi.
  4. Bekerja dalam satu tim.
  5. Komunikasi dengan pelanggan dan kolega.
  6. Menangani kesalah-pahaman antar budaya.
  7. Mengidentifikasi situasi konflik.
  8. Memecahkan situasi konflik.
  9. Menanggapi keluhan dan komplain pembeli.
  10. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.
  11. Menghadapi situasi-situasi darurat/emergency.
  12. Menjaga standar keamanan penampilan pribadi.
  13. Memberikan umpan balik mengenai keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja.

Kompetensi Kejuruan Penjualan

  1. Menginterpretasikan perencanaan visual penetaan produk.
  2. Memonitor penataan/display produk.
  3. Menjaga display Produk agar tetap sesuai dengan standar perusahaan dan perencanaan.
  4. Memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan.
  5. Melakukan proses tawar menawar dengan calon pelanggan.
  6. Memotivasi, keyakinan dan mendorong calon pelanggan kearah kesepakatan.
  7. Mengidentifikasi sinyal-sinyal dari calon pelanggan.
  8. Mengajukan pertanyaan konfirmasi keputusan calon pelanggan.
  9. Menyiapkan formulir / berkas-berkas administrasi.
  10. Menjelaskan kepada pelanggan mengenai formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan.
  11. Mengisi formulir atu berkas administrasi yang diperlukan.
  12. Menghubungi pihak pihak yang terkait dengan transaksi.
  13. Menyiapkan barang yang akan diserahkan / dikirim.
  14. Melakukan proses penyerahan produk yang dibeli pelanggan.
  15. Melakukan proses pengiriman produk yang dibeli pelanggan.
  16. Melakukan konfirmasi kepada pelanggan mengenai produk yang dikirim.
  17. Mengidentifikasi klausul klausul perjanjian.
  18. Melakukan proses penagihan pembayaran.
  19. Melakukan kontak dengan pelanggan.
  20. Mengoperasikan alat komonikasi.
  21. Menyiapkan dan mengoperasikan alat hitung.
  22. Menyiapkan dan mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai.
  23. Menyiapkan dan mengoperasikan alat ukur.
  24. Menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi.
  25. Menganalisis / mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan.
  26. Mendorong pelanggan meningkatkan volume pembelian / frekwensi pembelian.
  27. Menawarkan produk lain ( Penjualan silang) yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  28. Menindaklanjuti permintaan lain dari pelanggan.

Brosur Pemasaran :



comments
Terakhir Diupdate ( Selasa, 02 Juli 2013 07:48 )